5 BUKTI KEINDAHAN PULAU BUNAKEN | UNDERWATER PHOTOGRAPHY

5 BUKTI KEINDAHAN PULAU BUNAKEN | UNDERWATER PHOTOGRAPHY




Underwater Photography | Kalau kemarin kita bahas tentang Pulau Wakatobi, sekarang waktunya kita bahas tentang keindahan Pulau Bunaken. Siapa sih yang tidak tahu pulau Bunaken ? Pasti tahu semua yaaa... Ingin tahu selengkapnya ?? Yuk mari dibaca :)

Dirangkum dari sumber Bookme.co.id, berikut ada 5 bukti keindahan Pulau Bunaken...
 
1. Keistimewaan untuk Anda para Pecinta Diving

Pulau Bunaken - terletak di ujung utara pulau Sulawesi yang dijadikan sebagai salah satu taman laut pertama di dunia dan terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang bisa memanjakan setiap pengunjung khususnya bagi para scuba divers. Tidak hanya itu, melainkan bahwa pada tahun 2005 pulau bunaken ini telah menjadi situs warisan dunia setelah pemerintah Indonesia mendaftarkannya ke UNESCO.

Pulau yang menjadi salah satu favorit diving bagi para diver dunia ini berdiri di Taman Nasional Bunaken seluas 890,65 km2 yang isinya adalah Pulau Bunaken, serta pulau-pulau Manado Tua, Mantehage, Nain dan Siladen.

Pecinta diving akan dimanjaakan dengan banyaknya dive spot di pulau yang mempunyai luas sekitar 75.625 hektar ini. Taman Laut Bunaken yang memiliki 20 titik dive spot, 12 diantaranya berada di Pulau Bunaken. Jumlah dive spot kemungkinan bisa bertambah seiring dengan banyaknya penyelam yang mengeksplorasi keindahan bawah laut Bunaken.

Dari 20 titik dive spot, yang paling favorit antara lain di Depan Kampung, Lekuan, Fukui Point, Mandolin Ponit, dan Bunaken Timur. Para penyelam yang sering berkunjung ke Bunaken memiliki dive spot favorit yang berbeda-beda. Misalnya, penyelam yang suka dengan hiu memiliki dive spot favorit yang berbeda dengan penyelam yang senang mencari pari manta. Fotografer-fotografer bawah laut senang mencari kuda laut, flamboyant cuttlefish, dan objek foto makro lainnya yang ada di bawah laut.

2. Spesies Bawah Laut yang Menakjubkan

Pulau Bunaken ini memiliki terumbu karang yang sangat indah di mana merupakan salah satu terbaik di dunia. Terdapat kurang lebih 390 spesies terumbu karang berwarna-warni yang sangat menakjubkan. Bentuknya berlekak-lekuk unik dengan celah-celah hingga gua atau terowongan mungil bawah laut yang belum tentu dapat sobat temukan di tempat lain. Tentu ini adalah kabar bagus untuk Anda para pecinta diving. Karena aktivitas diving Anda akan semakin lengkap dengan ditemani ratusan terumbu karang nan cantik.

Terumbu karang tersebut juga menjadi tempat hidup bagi 2.000 jenis ikan dan beragam biota laut. Jenis-jenis ikan yang umum dijumpai antara lain wrase, dansel, trigger, sweetlip, unicorn, dan lain-lain. Salah satu keunikan Taman Laut Bunaken adalah lautnya yang dalam hingga mencapai 1000 meter. Di laut dalam ini Anda bisa melihat beragam jenis ikan besar seperti ikan tuna, marlin, hiu kepala palu, pari, layar, cakalang, barakuda, lumba-lumba, hingga ikan paus. Bahkan, kalau beruntung, Anda bisa melihat jenis ikan yang bisa dikatakan jarang ditemui bahkan hampir punah seperti dugong, kura-kura, maupun ikan raja laut (coelacanth).

3. Underwater Great Walls

Faktor lain yang mambuat Pulau Bunaken semakin menarik adalah adanya underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas setinggi 25-50 meter. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Bunaken. 

Menyelam merupakan wisata wajib dan juga cara terbaik untuk dapat menikmati keindahan bawah laut Pulau Bunaken. Untuk kamu yang belum terbiasa menyelam ataupun snorkeling jangan takut, di sana juga terdapat pemandu yang siap mengajari teknik menyelam bagi kamu semua.

4. Jangan Khawatir bagi Anda yang belum bisa Diving

Tidak sembarang orang bisa menyelam karena kegiatan menyelam memiliki teknik berenang dan pernafasan yang harus dilatih. Untuk menyelam di Pulau Bunaken, sobat harus memiliki sertifikat selam dan harus didampingi oleh pemandu. Selain menyelam, sobat juga bisa menikmati snorkling. Snorkling ini hampir mirip dengan menyelam, hanya saja prinsip snorkling adalah mengambang di dasar laut, jadi untuk kita yang tidak bisa berenang kita masih bisa snorkling dengan menggunakan pelampung agar tidak tenggelam.

Selain menyelam ataupun snorkling, ada beberapa cara menarik lainnya yang dapat kamu lakukan untuk dapat menikmati keindahan Bunaken. kamu bisa berjalan kaki atau menyewa kapal untuk berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya. Hanya dengan berjalan kaki mengelilingi pantai sudah menjadi pengalaman yang menakjubkan lho.

5. Akses yang Mudah dan Terjangkau

Sebagai tempat yang sudah dikenal secara luas di dunia Internasional, akses transportasi ke tempat Pulau Bunaken sangat mudah. Kota Manado dengan bandar udara Sam Ratulangi terhubung dengan beberapa kota lain di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, Balikpapan maupun Makasar. Selain itu bandara Sam Ratulangi juga melayani rute penerbangan langsung dari dan keluar negeri seperti ke Singapura, Manila, Kuala Lumpur, dan Davao, Filipina. Terminal penumpangnya juga sudah memiliki fasilitas penunjang berstandar internasional. 

Ada beberapa alternatif cara untuk menuju ke Pulau Bunaken dari kota Manado, yaitu melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas dan Marina Blue Banter. Dari pelabuhan Manado menuju Pulau Bunaken memakan waktu kurang lebih 30 menit, dari NDC ke lokasi penyelaman Pulau Bunaken membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit, sedangkan dari Marina Blue Banter ke Pulau Bunaken kita akan menggunakan kapal pesiar dan menempuh perjalanan selama sekitar 10-15 menit.

Yap itu dia poin ke 5 alias poin terakhir dari sharing kita kali ini seputar keindahan pulau Bunaken :)

Ayuk dong buktikan tanda cinta Anda pada dunia diving khususnya dunia bawah laut.. Bukan hanya dengan menyelam, dengan memiliki buku terbaru dari kami itu juga salah satu tanda bukti Anda ;)





Buku karya Anne K. Adijuwono ini berisi jepretan foto-foto bawah laut berkualitas tinggi dengan menggunakan kamera saku (compact camera). Pembaca juga disuguhkan pemandangan menarik, petualangan seru dan tips menggunakan kamera saku di dalam air secara eksklusif melalui buku "I DID IT MY WAY". 

Harga murah ??? Tentu!! Bahkan HARGA TERMURAH dari manapun...


Dapatkan DISKON hingga 5% + tandatangan penulis (Anne K. Adijuwono) dan jadilah yang pertama mendapatkan buku ini...
PRE ORDER DIPERPANJANG hingga tanggal 27 Maret 2015, hanya di www.ididitmyway.spasimedia.com...

Caranya bagaimana ?? Langsung kunjungi website di atas lalu isi form order yang tersedia...
Yuukkkkk buruuuaaannnnn sebelum kehabisan..

INGAT..!! Hanya sampai 27 Maret 2015 lho guys :D

Jual ebook nya juga di GooglePlay, klik : Ebook - I Did It My Way

Informasi lebih lanjut, hubungi pihak penerbit :
No. hp dan whatsapp : 0812 8760 2508
Pin BB : 53C9D7A3
Email : adm.spasimedia@gmail.com
Twitter : @spasimedia


5 BUKTI KEINDAHAN PULAU BUNAKEN | UNDERWATER PHOTOGRAPHY

Share this article :

0 komentar: