INFO PENTING SBMPTN 2015 | BUKU SBMPTN 2015

INFO PENTING SBMPTN 2015 | BUKU SBMPTN 2015




Buku SBMPTN 2015 Terlengkap  | Halo semuanya para pembaca setia artikel di HBO.. Karena sekarang masih musimnya SBMPTN 2015, maka dari itu HBO akan share info lagi nih seputar SBMPTN 2015. Ada beberapa info penting yang harus kamu ketahui untuk ikut ujian SBMPTN 2015. Apa sajakah itu ??

Berikut informasi yang telah kami rangkum dari berbagai sumber termasuk zenius.net dan website official panitia SBMPTN seputar info penting ujian SBMPTN 2015.

1. Pendaftaran

Pendaftaran SBMPTN 2015 akan dibuka secara online di website http://pendaftaran.sbmptn.or.id mulai tanggal :

11 Mei  2015 pukul 08.00 WIB s/d  29 Mei 2015 pukul 22.00 WIB

Sebagai informasi, pengumuman hasil seleksi SNMPTN akan dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2015. Jadi, jika kamu tidak lolos ujian SNMPTN, kamu masih punya kesempatan untuk ikut ujian SBMPTN. Pendaftaran SBMPTN dibuka untuk lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2013, 2014, dan 2015. Biaya Pendaftaran sebesar Rp 100.000,- yang dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, Kantor Pos setempat, atau ATM Bersama. Untuk nomor rekening pembayarannya, kamu bisa cek langsung di website official panitia SBMPTN ya..

2. Pelaksanaan Ujian

Ujian tertulis SBMPTN rencananya akan digelar selama 1 hari tanggal 9 Juni 2015. Tanggal ini merupakan bersamaan waktu pelaksanaan daftar ulang bagi peserta yang telah diterima melalui jalur SNMPTN 2015. Ingat ya daftar ulang SNMPTN tidak bisa diwakilkan, jadi andai kamu diterima SNMPTN tetapi ingin mengikuti SBMPTN, pilihannya ada 2:

1. Tidak daftar ulang SNMPTN (yang berarti melepas status diterima SNMPTN) untuk ikut SBMPTN.
2. Daftar ulang SNMPTN sehingga tidak bisa ikut SBMPTN.
Perlu diketahui juga bahwa melepas status diterima SNMPTN mungkin dapat mengurangi index sekolahmu di PTN yang telah kamu tinggalkan. So, berhati-hatilah dalam mengambil keputusan :)

 3. Materi Ujian
Materi ujian SBMPTN tersebut terdiri dari:

•    Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), yang terdiri atas soal Tes Kemampuan Verbal, Numerikal, Figural, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, masing-masing 15 soal dengan alokasi waktu pengerjaan 105 menit;
•    Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek), yang terdiri atas soal Matematika IPA, Kimia, Fisika, dan Biologi, masing-masing 15 soal dengan alokasi waktu 105 menit; dan/atau
•    Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum), yang terdiri atas soal Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, masing-masing 15 soal dengan alokasi waktu pengerjaan 75 menit.

4. Kelompok Ujian

Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:
1.    Kelompok Ujian Saintek  (IPA) dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek
2.    Kelompok Ujian Soshum  (IPS) dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum
3.    Kelompok Ujian Campuran (IPC)  dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Kalian dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran tanpa dibatasi penjurusan di sekolah asal. Jadi buat yang misal SMA IPA, boleh ikut kelompok ujian Soshum atau Campuran, tidak harus Saintek. Bagi yang SMK Akuntansi, boleh milih Kelompok Ujian Saintek atau lainnya. Intinya adalah pilihlah apa yang sesuai dengan keinginan dan tujuanmu, tidak ada batasan..

5. Pemilihan Jurusan/Prodi

Kamu dapat memilih prodi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti. Peserta kelompok ujian Saintek dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 prodi Saintek, peserta kelompok ujian Soshum dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 prodi Soshum, dan kelompok ujian Campuran dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 Prodi yang merupakan campuran dari kelompok Saintek dan Soshum.

Jika kamu hanya memilih 1 prodi dapat memilih prodi di PTN manapun, sedangkan jika kamu memilih 2 prodi atau lebih, maka salah satu pilihan prodi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempatmu mengikuti ujian. Peserta dibebaskan memilih lokasi ujian yang paling mudah diakses. Tempat ujian tidak menjadi kriteria penerimaan.

Pembagian wilayah sesuai dengan aturan SBMPTN:

a. Wilayah 1 meliputi seluruh PTN yang ada di Pulau Sumatera, Kalimantan Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat (+ Untan);
b. Wilayah 2 meliputi seluruh PTN yang berada di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta;
c. Wilayah 3 meliputi seluruh PTN yang berada di Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan (- Untan); dan
d. Wilayah 4 meliputi seluruh PTN yang ada di Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Papua.

6. Kesalahpahaman tentang Passing Grade

Passing grade (batas minimal) merupakan fenomena tersendiri yang popular bagi calon mahasiswa baru. Banyak yang beranggapan bahwa passing grade merupakan batas minimal agar diterima di sebuah PTN. Pandangan itu sebetulnya keliru, karena pada dasarnya PTN maupun panitia SBMPTN tidak pernah menggunakan passing grade dalam sistem seleksi penerimaannya.

Sederhananya, pertimbangan peserta ujian lolos/tidak adalah berdasarkan nilai-nilai terbaik yang disesuaikan dengan kuota. Misal kuota jurusan Teknik Kimia PTN X tahun ini 50 anak, maka 50 anak dengan nilai terbaik yang mendaftar PTN X yang akan diterima. Jadi pada prinsipnya, jangan menjadikan passing grade sebagai indikator, kejarlah nilai setinggi-tingginya untuk bisa mengalahkan para pesaingmu.

Yap, cukup sekian sharing kita kali ini ya.. Ada yang lagi cari buku kumpulan soal SBMPTN 2015 lengkap dengan pembahasannya ?? Jangan cari kemana-mana ya selain hanya di Hargabukuonline.com..


Harga : Rp 100.000,- diskon 20% menjadi : Rp 88.000,-

Untuk pemesanan, kamu bisa beli langsung melalui website kami di www.hargabukuonline.com, dengan cara meng-klik salah satu judul buku di bawah ini yang ingin kamu pesan :


Segera order sebelum kehabisan yaa ;)

Hubungi kami :
No. telp : 0812 970 46450
Email : info@hargabukuonline.com

INFO PENTING SBMPTN 2015 | BUKU SBMPTN 2015

Share this article :

0 komentar: