5 TES PSIKOTES YANG HARUS DIPELAJARI | TIPS LOLOS PSIKOTES

5 TES PSIKOTES YANG HARUS DIPELAJARI | TIPS LOLOS PSIKOTES



Tips Lolos Psikotes | Ngelamar kerja tapi gak pernah diterima ?? Padahal keahlianmu sudah sesuai dengan kualifikasi jabatan yang dilowongkan ?? Berarti kemungkinan besar alasannya karena kamu gak lolos tes psikotesnya guys. Jangan salah lho, mayoritas perusahaan besar tidak mengenyampingkan hasil tes psikotes para pelamar kerja. Bagi mereka, tes psikotes adalah salah satu hal yang penting sebagai dasar pertimbangan diterima atau tidaknya seorang pelamar kerja.

Mau lolos psikotes ?? Pelajari 5 tes psikotes di bawah ini.



1. Pelajari Tes Kemampuan Verbal
Keterampilanmu dalam berkomunikasi dapat dilihat melalui tes kemampuan verbal. Tes ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa kaya kosa kata yang kamu kuasai, dan seberapa banyak pemahamanmu mengenai bahasa Indonesia.

Tes jenis ini biasanya terdiri dari tiga kategori, yaitu:

a. Mencari sinonim, contoh:
BERAGAM (a. satu; b. semua; c. sendiri; d. banyak)

b. Mencari antonim, contoh:
NOMADEN (a. berpindah; b.menetap; c. telanjang; d. transmigrasi)

c. Mencari hubungan kata (analog), contoh:
MENGANTUK : TIDUR = (a. jatuh:sakit; b. obat:sehat; c. minum:limun; d. makan:gizi)
LAMPU:TERANG = (a. matahari:siang; b. tenaga:gerak; c. hitam:putih; d. bensin:mobil)

Banyak peserta yang menyepelekan tes ini sehingga mereka kurang teliti dalam mengerjakannya. Oleh karenanya, bacalah tiap soal dan jawaban dengan cepat, namun tetap teliti yaa.




2. Tes Numerik
Tes seperti ini biasanya berbentuk deret, baik secara vertikal maupun horizontal. Bisa juga berbentuk sebuah soal cerita matematika sederhana. Carilah soal yang sekiranya mudah terlebih dulu, jangan penasaran pada satu soal saja. Soal-soal selanjutnya kadang lebih mudah daripada soal sebelumnya. Bentuk tesnya seperti :

a. Tes deret angka, contoh:
– 18  10  6  4  ?
– 2  5   10 17  ?

b. Soal cerita sederhana, contoh:
Jika jarak ke London 26 mil dan jarak ke Roma 23 mil, berapa jarak ke Moskow?



3. Tes Kraepelin/Pauli
Tes yang berfungsi mengukur ketahanan pada beban kerja ini biasa disebut juga tes koran. Karena kamu harus menyelesaikan soal penjumlahan dari angka 0 sampai 9, dimana soalnya memang selebar koran. Ikuti petunjuk dari panitia, apakah kamu harus menjumlahkan secara urut dari atas kebawah, atau dari bawah keatas. Kemudian simak pula apakah kamu cukup menuliskan angka terakhir, atau kedua-duanya.




4. Wartegg Test
Pada tes  ini, kamu diharuskan menggambar bentuk apapun di 8 kotak yang telah disediakan. Di kotak-kotak tersebut sudah ada titik maupun garis, dan kamu dipersilakan untuk melanjutkan gambar-gambar itu. Sebisa mungkin, buatlah gambar yang kreatif dan yang tak biasa. Bisa menggambar bangunan, tapi bangunan yang tak biasa, jangan hanya rumah sederhana. Lalu kalau ingin menggambar pohon, gambarlah pohon yang tak biasa. Sekali lagi, gunakan kreativitasmu semaksimal mungkin. Dan bermainlah dengan detail.



5. Draw Man Test
Biasanya panitia akan menyuruh kamu untuk mengambar seseorang, siapapun itu. Lalu setelahnya kamu disuruh untuk mengisi nama, jenis kelamin, serta usia. Tips untuk tes jenis ini adalah menggambar seseorang dengan tubuh lengkap. Gambarlah sesuai dengan jenis kelaminmu, dan perlihatkan kesuksesan pada karaktermu itu. Misalnya saja seorang eksekutif yang sedang membawa koper. Lalu isilah namanya dengan namamu, begitu juga umur dan jenis kelamin.

Jika kamu menggambarkan seperti saran diatas, pihak personalia akan menganggapmu sebagai orang yang memiliki motivasi tinggi untuk sukses di masa datang. Selain itu, dengan menuliskan nama, umur, dan jenis kelaminmu kamu, akan memperlihatkan bahwa kamu adalah pribadi yang memiliki percaya diri tinggi.

Nah itu dia 5 tes psikotes yang harus dipelajari. Tapi apakah cukup hanya dengan membaca informasi di atas kamu sudah benar-benar bisa lolos tes psikotes ?? Ingatlah sebuah pepatah, bisa karena biasa.. Setelah kamu membaca informasi di atas, kamu harus mengaplikasikannya langsung ke dalam soal-soal psikotes. Maksudnya ?? Berlatihlah menjawab soal-soal psikotes dengan tips yang sudah diberikan di atas untuk bisa menguasai tes psikotes.

Sumber : hipwee.com

Di mana soal-soal psikotes itu bisa kamu dapatkan ?? Di hargabukuonline.com dong..
Beragam buku kumpulan soal tes psikotes lengkap dengan jawabannya bisa kamu beli di Hargabukuonline.com dengan HARGA MURAH..! Beberapa buku kumpulan soal tes psikotes yang tersedia di Hargabukuonline.com yaitu :



Rp 28.000



Rp 28.000



Rp 39.200


Rp 98.000

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Mau baca sinopsisnya ?? Klik pada masing-masing judul buku.

Info pemesanan, hubungi kami :
No. Telp / sms : 0812 9046 1162
Whatsapp : 0812 9046 1162
Pin BB : 57FFAE07
Email : info@hargabukuonline.com


5 TES PSIKOTES YANG HARUS DIPELAJARI | TIPS LOLOS PSIKOTES

Share this article :

1 comment:

  1. KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS
    Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah dan singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......

    ReplyDelete